Tuesday, January 3, 2017

SINOPSIS & SPOILER "Sakura Haiden: Thoughts of Love, Riding Upon a Spring Breeze"

Selamat Tahun Baru 2017, readers! Thank you so much for all of your supports and comments for these crazy years. Maaf karena belum bisa melanjutkan fanfiction *like always* kuliah padat dan banyak tugas yang harus diselesaikan menjelang UAS. Tapiii, puji syukur sekarang sudah libur dan bisa online blog lagi.

Anyway, kemarin Chloe baru aja selesai baca salah satu novel karangan Tomohito Osaki untuk seri kelanjutan cerita Naruto Shippuden setelah perang terakhir melawan Kaguya, yaitu Sakura Haiden. Memang Chloe udah ngincer buku ini sejak tahun lalu karena Chloe suka banget dengan karakter Sakura, tapi sepertinya harus berkecil hati, karena entah masuk Indonesia atau engga, tapi Chloe searching sih ga ada yang jual. Jadi Chloe baca lewat website dengan terjemahan yang cukup baik walau terkadang ada kata-kata yang sulit dipahami. (Kalau kalian tahu bisa beli dimana, comment ya guys :D)




Novel ini menceritakan tentang kisah kunoichi medis, Sakura Haruno yang masih menunggu pria yang dicintainya, Sasuke Uchiha. Di prolog kita akan dibuat baper. Chloe suka banget bagian ini karena kata-kata yang digunakan mampu menggugah perasaan yang dirasakan sakura. Gimana ya, jadi kita bisa merasakan perasaan Sakura dan bagaimana isi pikirannya. Itu dia kenapa sometimes novel lebih seru ketimbang komik, karena banyak pikiran karakter yang bisa kita ketahui. Oh iya guys, btw berbeda dari novel-novel terjemahan lain, novel ini lebih tipis dan kalimatnya disusun dengan sangat baik. Entah kenapa enak banget dibaca dan tidak bertele-tele, cocok buat kamu yang bosan dengerin kegalauan tokoh secara bertele-tele.


(Dari awalnya ‘kau menjengkelkan’ hingga akhirnya ‘Sampai jumpa lagi’. Ketika aku berpikir tentang kemajuan itu, entah bagaimana hatiku menghangat.)


Ini salah satu cuplikan kalimat yang membuat kita sadar bagaimana kemajuan kecil ini sangat berarti bagi Sakura, dan bagaimana Sasuke menunjukkan perasaannya.

Seperti fact-fact yang Chloe baca di web, Sasuke sendiri diyakini sudah memendam rasa pada Sakura semenjak dia meninggalkan desa. Tapi dia memutuskan untuk menyingkirkan perasaannya karena hal itu membuat dia merasa lemah, dan dia ingin fokus untuk membunuh Itachi. Di novel ini pun pembaca mungkin akan sedikit kecewa karena tidak ada interaksi antara Sasuke dan Sakura, tetapi ada fact baru.

Pertama-tama kita akan disuguhkan cerita mengenai Sakura dan Ino yang membuat Klinik Perawatan Kesehatan Mental Anak-anak di desa Konoha, karena Sakura merasa anak-anak butuh pengobatan karena luka mental yang mereka alami selama perang. Sepanjang cerita, akan banyak momen pasangan, seperti Naruto dan Hinata, Shikamaru dan Temari, Choji dan Karui, juga Ino dan Sai. Semua itu membuat Sakura senang namun juga bingung dengan kisahnya sendiri. 'Berapa lama lagi aku harus menunggu?' Sakura sering berpikir seperti itu. Kita akan merasakan perasaan Sakura yang sebenarnya tidak semenye waktu dia kecil dan tidak selebai gambaran di tv seri. Sakura digambarkan sangat dewasa.

Masalah yang muncul adalah Kido dan Magire, ANBU mantan bawahan Danzo yang sedang dalam misi membuat obat-obatan untuk dijual ke luar desa. Obat-obatannya pun bukan sembarang obat. Mereka mengumpulkan darah, rambut, pokoknya hal-hal pribadi yang dapat diambil selnya, milik Naruto dan Sasuke dari lembah terakhir, tempat Sasuke dan Naruto sempat berperang. Sel-sel itu bisa diekstrak chakra nya dan dijadikan obat chakra Kyuubi, sementara chakra sasuke dijadikan obat yang membuat peminumnya mampu meniru Chakra Sasuke. Orang itu akan berubah menjadi wujud Sasuke dan meneror seluruh dunia, mengajak komplotan teroris untuk menjadi bawahannya dalam usaha menghancurkan desa Konoha. Hal ini dilakukan untuk memancing Sasuke asli keluar dan kembali ke desa, agar komplotan Kido dapat mengambil mata Sharingan Sasuke dan menjadikannya obat Sharingan, sehingga peminumnya mampu memiliki mata Sharingan. Namun usaha Kido ini gagal karena Sasuke sepertinya orang yang tidak dapat ditipu dan tidak bertindak gegabah. Menurut Naruto seharusnya masalah ini dianggap kecil oleh Sasuke, karena tidak mungkin Sasuke melakukan hal semacam itu, sangat bertolak belakang dengan Sasuke yang sekarang. Kata-kata itu membuat Sakura merasa tenang. (Adegan ini ketika Sakura dan Naruto duduk di bangku taman setelah mengajar anak akademi. Chloe masih suka banget dengan pasangan Narusaku :' mereka cocok banget).




Ino-Sakusai, kelompok dadakan yang diciptakan Kakashi ditugaskan untuk menyelidiki Kido dan Magire, sampai akhirnya suatu malam Sakura diculik dan dijadikan sandra oleh Kido. Menurut Kido, karena Sakura adalah rekan satu tim Sasuke, kabar menghilangnya Sakura pasti akan membuat Sasuke khawatir dan kembali ke desa untuk menyelamatkannya, namun Sakura tidak berpikir demikian. Dia tahu Sasuke bukan orang yang seperti itu. Walau Sakura juga penasaran apakah Sasuke peduli padanya dan akan kembali untuk menyelamatkannya, Sakura memutuskan untuk tidak berpikir bodoh dan hanya menyulitkan Sasuke. Dia tidak ingin Sasuke pulang untuk hal semacam ini. Dia ingin menolong Sasuke, dan dia tidak akan membiarkan Sasuke dalam bahaya.

Sakura berupaya mengumpulkan chakranya yang tidak dapat berfungsi dengan baik setelah Magire menyuntikkan obat ke lehernya. Kaki dan tangannya yang diikat tidak mampu melepaskan diri. Selama proses mengumpulkan Chakra, Sakura berupaya terus berbicara dan mengorek info dari Kido (yang bodohnya malah ngebocorin idenya). Ketika chakranya terisi, Sakura langsung melepaskan diri dan menghantam atap dengan tinjunya, membuatnya hancur berkeping-keping. Ino dan Sai datang terlambat. Sakura sudah lepas dan mereka bergabung bersamanya. Tapi pertempuran baru akan dimulai. Mereka bertiga menghajar habis kesepuluh bawahan Kido, dan kemudian melawan Kido dan Magire.

Sakura memutuskan untuk memancing Kido ke tempat yang lain di hutan, sehingga ia akan terpisah dari Magire yang adalah ninja medis, sehingga Magire tidak bisa menyembuhkan luka Kido. Sementara Ino dan Sai melawan Magire. Setelah Magire pingsan, Kakashi, Naruto, dan Hinata bergabung bersama Ino dan Sai. Mereka segera bergegas menyelamatkan Sakura, yang mana sudah selesai mengakhiri pertandingannya dengan hasil Kido pingsan. Pertarungan Kido dan Sakura berlangsung menegangkan loh guys. Kido makan obat chakra kyuubi dan punya 9 ekor yang artinya dia kuat banget. Tapi Sakura, kembali dengan intelligent nya, mengetahui kelemahan Kido yaitu di bagian dadanya. Dia memukul dada Kido dan mengalirkan chakra nya sendiri. Chakra itu akan menyembuhkan sel-sel dan terus membelah, sehingga sel-sel akan semakin cepat mati. Ketika pelindung chakra Kyuubi itu mulai menghilang, Sakura meninju Kido dengan sekuat tenaga.




Kakashi kemudian mendapatkan informasi bahwa bawahan Kido yang tersisa sedang mencoba keluar dari desa dengan membawa obat-obatan mereka. Mereka berenam segera bergegas kesana dengan menaiki elang Sai (Elang legendaris Sai ya haha) dan menemukan orang-orang bergeletakan di jalan. Hinata dengan Byakugan nya melihat api dan orang-orang itu dipengaruhi genjutsu. Sakura memerhatikan hutan dan ada sebuah siluet dengan tutup kepala semacam sorban, yang berlari dan kemudian menghilang.



Kakashi memberikan kode dan bertanya pada team 7 apakah mereka mengerti. Sakura menjawab Ya, diikuti dengan tawa Naruto dan Sai yang sadar. Ino awalnya tidak mengerti, kemudian dia terkejut. Sasuke Uchiha telah membantu mereka mengurus penjahat-penjahat itu dan sudah kembali lagi ke perjalanannya, dia telah mencuri kesempatan Kakashi untuk menunjukkan kemampuannya.

Sakura cukup senang walau Sasuke tidak singgah untuk menyapa mereka. Namun sekarang dia tahu, Sasuke cukup peduli terhadapnya dan kembali ke desa untuk menyelamatkannya. Sakura senang dengan kenyataan itu.

Kemudian akhirnya Kido dan Magire masuk penjara. Sakura menyuruh Ino untuk berkencan dengan Sai, dan Sakura sendiri kembali ke urusannya mengurus Klinik. Di akhir, ada hint bahwa Sasuke akan kembali ke desa dan di depan pintu desa Sakura mengatakan "Selamat datang, Sasuke-kun." sementara Sasuke berkata, "Aku pulang, Sakura."

Kata-kata ini juga muncul di akhir novel Sasuke Shinden: Book of Sunrise, yang mana sedang diadaptasi ke dalam kartun animenya dan sedang tayang (setiap hari kamis ya guys!). Pada akhir Sasuke Shinden, Sasuke mendapat surat dari Naruto yang isinya membicarakan tentang Sakura, yang sangat bangga dan menyamakan Sasuke dengan impian masa kecil Sasuke menjadi Pasukan Kepolisian Militer Konoha, karena dia melindungi desa dari balik bayangan. Sasuke mengubah tujuannya dan kembali ke desa. Di depan pintu desa, Sakura menyambutnya dengan ceria dan berkata "Selamat datang, Sasuke-kun."






Bagaimana pendapat kalian tentang kisah Sasusaku? Chloe senaaaaang banget bisa selesai baca bukunya. Seru banget loh! Dan jangan lupa nonton anime nya setiap hari Kamis! Have a nice day :D


1 comment:


Purple Bobblehead Bunny