Tuesday, January 10, 2017

BAHAS "The Maze Runner Series: The Fever Code" by James Dashner



Satu lagi novel yang baru saja Chloe selesaikan! Yeaaaaay!

The Fever Code ini adalah buku kelima dari seri The Maze Runner, yang merupakan prequel sebelum Thomas masuk ke dalam Maze. Nah, nah. Novel ini udah Chloe tunggu-tunggu sejak awal tahun lalu dan udah Chloe beli dipertengahan sibuk kuliah, tetapi liburan kuliah ini baru sempat dibaca deh. Kemarin UAS jadi sibuk ujian :(

Memang jadinya Chloe baca ini setengah-setengah, kalo sempat bisa baca beberapa bab dan harus lanjut ketika ada waktu lagi. Dan mungkin efek dari baca lompat-lompat, cerita ini jadi kurang mengena di hati. Chloe itu suka novel-novel yang tidak berbelit dan engga bertele-tele, sementara di novel ini jalan ceritanya cukup lama dan tidak menggebu-gebu (wets, maksudnya tuh karena jalan ceritanya sangat slow, jadi Chloe pun gereget gitu pingin mencapai klimaks yang tidak kunjung datang). Tapi yang namanya novel prequel, kita harus apa lah ya. Banyak hal yang udah bisa kita tebak dan kita tahu tidak akan terjadi. Yang pasti kita udah bisa menebak kalau novel ini akan berujung saat Thomas dimasukan ke dalam Maze, dan yang bikin novelnya jadi menarik adalah why? Kenapa Thomas dan Teresa bisa berakhir di Maze.

The Fever Code banyak membawa new fact, new info, tapi tidak sesuai yang Chloe bayangkan sebetulnya. Chloe ingin lebih banyak fact tentang Minho, Newt, Alby, Chuck, dan lain sebagainya, tapi bahkan nama asli mereka tidak tertera di prequel ini :( sedih kan.
Novel memang diawali dengan sudut pandang Newt, dan mengisahkan bagaimana Newt dan adiknya, Lizzy dibawa oleh W.I.C.K.E.D. Kemudian dilanjutkan dengan kisah seorang anak yang bahkan belum genap 5 tahun, bernama Stephen, yang dipaksa untuk mengganti namanya menjadi Thomas.
Cerita akan dilanjutkan dalam jangka waktu tertentu, bisa bertahun-tahun, berbulan-bulan, dan berhari-hari dari satu moment ke moment berikutnya. Kita akan dibawa mengikuti bagaimana keseharian Thomas setelah masuk ke W.I.C.K.E.D. Thomas, Teresa, Aris, dan Rachel masing-masing memiliki kamarnya sendiri dan diperlakukan lebih istimewa. Mereka digolongkan sebagai kelompok elite, karena selain mereka munny (orang-orang yang kebal terhadap virus Flare), mereka juga punya kecerdasan yang dibutuhkan W.I.C.K.E.D. untuk membantu membangun Maze. Mereka tidak sepenuhnya dijadikan anggota tim W.I.C.K.E.D. Mereka masih dianggap sebagai objek penelitian. Untuk itu mereka juga ditanamkan sebuah implan di otak mereka, sama seperti anak-anak di grup A dan grup B yang tinggal di barak dan menjalankan aktivitas mereka dalam kelompok besarnya masing-masing. Berbeda dengan anak-anak itu, untuk beberapa tahun pertama Thomas di W.I.C.K.E.D., dia tidak diperbolehkan menemui anak manapun, tidak punya teman, bahkan tidak Teresa, walau kamar mereka bersebelahan. Setelah penanaman implan, beberapa waktu ketika para psikolog merasa sudah waktunya, akhirnya Thomas bertemu dengan Teresa, dan persahabatan mereka pun dimulai sejak saat itu. Mereka dipertemukan hanya beberapa kali, dan itu membuat Thomas agak frustasi. Hingga suatu malam seseorang mengetuk pintu kamarnya, dia Newt. Dia mengajak Thomas dan Teresa untuk bertemu dengan timnya di sebuah tempat penyimpanan. Minho dan Alby telah menunggu mereka disana. Pertemuan-pertemuan itu terus dilakukan setiap tengah malam menjelang, hingga akhirnya W.I.C.K.E.D. mengetahui apa yang sedang mereka lakukan.

Cerita akan terus dilanjutkan hingga anak-anak grup A dan B siap menghuni Maze yang akhirnya telah selesai berkat bantuan Thomas dan Teresa. Untuk beberapa waktu berikutnya Thomas bertugas mengamati teman-temannya di Maze. Dia ingin membantu mereka tapi tidak ada yang bisa dia lakukan.



Hingga suatu waktu dia menemukan Randall, keluar dari hutan dan berjalan mendekat, sepenuhnya telah berubah dan terlihat seperti Crank. Dr. Paige menyuruh Thomas dan Teresa menemuinya secepatnya, dan mereka buru-buru mendatanginya. Dr. Paige, sosok dokter yang sangat ramah dan telah menjadi dokter pribadi Thomas selama bertahun-tahun, satu-satunya orang yang dipercayai Thomas, dan mengaku sangat menyayangi Thomas. Dia memberitahu Teresa dan Thomas, bahwa kecurigaannya telah terbukti, bahwa banyak petinggi yang hilang dan tidak pernah mereka temui. Belakangan itu hasil tes pemeriksaan kesehatan harus diserahkan pada Kanselir Anderson, pemimpin WICKED, baru diserahkan pada dr. Paige. Hal ini memberikan kecurigaan karena dari hasil data tersebut tidak ada satupun orang yang terinfeksi, namun Randall adalah bukti nyata. Mereka kemudian mencuri data dari kamar Kanselir Anderson, menemukan data pemeriksaan yang sesungguhnya, dan mendapati ada 19 orang yang terinfeksi dan dipindahkan ke sektor D. Dr. Paige pun memutuskan bahwa mereka perlu melakukan fase Penggulingan. Dia menyuruh Thomas, Teresa, Aris, dan Rachel untuk menyuntikkan cairan mematikan pada orang-orang yang terkena Flare, karena mereka kebal dan dia tidak ingin mengorbankan para penjaga. Mereka melakukan proses itu dalam waktu sehari, hingga dr. Paige naik menjadi Kanselir.

Setelah itu ada sebuah note yang dikirimkan melalui akun Kanselir Anderson kepada semua staff, bahwa dia menyatakan Paige akan naik menjadi Kanselir. Juga ada note dari akun Thomas, yang menyatakan bahwa operasi penggulingan sepenuhnya adalah tanggung jawab Thomas, padahal Thomas tidak pernah menulis apapun. Hal ini membuat Thomas dan Teresa curiga, dan mereka merasa telah dihianati. Dr. Paige mengirimkan note itu untuk membersihkan namanya.

Thomas terus berpikir bahwa dia sudah muak dihianati dan dia ingin menolong teman-temannya. Dia berencana untuk masuk ke dalam Maze, tapi dengan ingatan yang utuh, beralasan bahwa WICKED membutuhkan seseorang yang dapat melapor dari dalam Maze.

Thomas kemudian mendapat perintah untuk ikut dengan Brenda dan Jorje ke Scorch, dalam upaya melihat seberapa jauh implan dapat bekerja di jangkauan sejauh itu. Dalam perjalanan, Brenda tidak sengaja mengatakan bahwa para glader yang selamat dari Maze nanti akan melanjutkan penelitian di Scorch. Hal ini membuat Thomas marah dan semakin berniat membantu teman-temannya dari dalam.

Thomas menceritakan idenya ini pada Teresa, dan Teresa menyetujuinya. Teresa memberitahu ide ini pada dr. Paige dan disetujui. Pada pertemuan rapat berikutnya, Teresa dipuji-puji untuk idenya, namun hal ini tidak menganggu Thomas. Yang penting dia dapat masuk ke dalam Maze dan bertemu teman-temannya. Telah disetujui bahwa ingatan Thomas, Teresa, Aris, dan Rachel tidak akan dihapus dan mereka akan melaporkan langsung dari dalam Maze. Sebelum hari H, Thomas dan Teresa telah mengucapkan salam perpisahan mereka. Datanglah hari yang ditunggu-tunggu.

Thomas melakukan pengecekan kesehatan sebelum masuk ke Maze. Dr. Paige datang menemuinya dan memberikan segelas teh berbau berry. Teh itu membuat Thomas tidak sadarkan diri. Sebelum Thomas benar-benar tak sadarkan diri, dr. Paige memberitahu Thomas bahwa dia lah yang telah membuat 19 orang itu terjangkit Flare, karena mereka tidak sependapat dengannya mengenai fase kedua setelah Maze. Dia mengatakan bahwa Thomas terlalu mudah percaya. Dan tentu saja kita tahu ingatan Thomas dihapus setelah itu.

Di akhir cerita ada sebuah note yang dikirimkan oleh Kanselir Paige kepada semua staff, diikuti sebuah note dari Teresa, yang menuliskan bahwa Kanselir Paige telah menyuruhnya menulis sebelum harinya di Maze dimulai. Dia sangat bersyukur karena ingatannya dan Aris akan tetap ada dan mereka dapat melakukan telepati untuk berkoordinasi. Dia akan menyembunyikan ini dari semua glader dan berpura-pura. Dia merasa percobaan inilah yang terbaik. Dan dia sangat ingin menuliskan kata 'Wicked is good' pada lengannya sebelum memasuki Maze, sehingga para glader dapat melihatnya dan menanamkannya pada diri mereka.

Jadi, akhir cerita ini pun menjadi penuh tanda tanya di kalangan runners. Apakah selama ini Teresa berbohong dan mengelabui semua orang, bahwa sebenarnya dia punya ingatan yang utuh? Dan beberapa orang berspekulasi bahwa note itu lagi-lagi dikirimkan oleh Ava Paige dengan membajak akun Teresa, seperti yang dilakukannya pada Thomas. Tidak ada kelanjutan yang dapat memperjelas cerita. Sepertinya James Dashner ingin pembacanya berspekulasi sesuai dengan imajinasi mereka.

Kalau menurut Chloe, sepertinya memang Teresa selama ini berbohong, karena sangat mencurigakan dia punya beberapa ingatan, sementara yang lain cuma tahu nama mereka. Sepertinya Teresa sudah mengelabui semua orang dan menghianati Thomas. Wah, kalau kayak gini jadi banyak deh yang jadi kesal. [SPOILER] Kematian Teresa di The Death Cure yang sangat singkat pun jadi terasa pantas di beberapa sudut pandang pembaca. Tapi masih banyak orang yang tidak suka Thomas berakhir dengan Brenda. Sepertinya James Dashner terlalu terburu-buru untuk memutuskan fact ini. Thomas dan Brenda yang baru menghabiskan waktu beberapa lama tiba-tiba berakhir bersama. Dan fyi, di dalam novel prequel ini ada adegan Brenda dan Thomas yang baru bertemu, tiba-tiba Brenda sudah bisa pelukan sama Thomas untuk menenangkan Thomas loh. Chloe sendiri tidak setuju dengan adegan seperti itu, karena tidak seperti perempuan pada umumnya. Yah well, semua ini hanya pendapat kok. Kalian bisa memberikan pendapat kalian sendiri dengan cara comment!

Fact baru yang mungkin akan mencengangkan kalian adalah.. adik Newt yang bernama Elizabeth alias Lizzy itu sebenarnya adalah Sonya! WICKED memaksa Lizzy untuk mengganti namanya menjadi Sonya. Waah, jadi penasaran kan sama bukunya? Jangan lupa beli dan baca yaa, guys!




7 comments:

  1. Beli novel maze runner 5 terjemahan dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ada kok di toko buku sejak tahun lalu. Belum lama sebelum Chloe buat post ini

      Delete
  2. Gw sih setujunya kalau thomas sama brenda karena pembawaan cerita ( film ) cukup menarik

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Hmm gw duga kalau si james dashner dia kejar tayanh soalnya bakalan ada lanjutannya maze runner ke 4 soalnya akhir cerita maze runner 3 dia pegang obat dan akan memproduksi tapi dimana ? Pusat sudah hancur hanya tersisa beberapa saja waduh gak sabar nih wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Ternyata bener klo adeknya Newt itu ya Sonya, karna warns rambut mereka sama-sama pirang

    ReplyDelete


Purple Bobblehead Bunny